Apa itu Affiliate Marketing?

apa itu afiliate marketing
Affiliate Marketing? Istilah apalagi nih? Untuk itu jangan bingung dulu, teruskan membaca.
Di artikel “apa itu afiliasi?” dijelaskan bahwa AFILIASI itu sama artinya dengan makelar atau calo. Makelar dalam dunia nyata disebut dengan makelar offline, sedangkan makelar dalam dunia maya, disebut makelar online. Nah makelar online ini yang di istilah kerenkan menjadi
“AFFILIATE MARKETING”. Terdengar keren kan?
Salah satu model bisnis yang populer di dunia internet marketing atau bisnis di internet adalah AFFILIATE MARKETING. Bagi para pemula yang baru belajar internet marketing, umumnya disarankan untuk belajar AFFILIATE MARKETING, karena prosesnya lebih mudah dibanding membuat dan menjual produknya sendiri. Anda bisa membaca artikel 17 Kelebihan Affiliate Marketing jika ingin tahu alasan mengapa AFFILIATE MARKETING sangat mudah untuk dipelajari.
Cara Kerja Makelar Online / Affiliate Marketing
Bagaimana cara kerja makelar online atau affiliate marketing ? Lihat diagram di bawah ini untuk lebih jelasnya.
Affiliate Marketing Diagram
Secara sederhana bisa dijelaskan tugas utama dari seorang affiliate marketer adalah mengirimkan visitor / pengunjung sebanyak-banyaknya ke website merchant / toko. Saat visitor / pengunjung itu melakukan pembelian atau melakukan suatu transaksi di website merchant, si merchant akan tahu bahwa visitor itu datang dari Anda dan oleh sebab itu Anda akan diberi komisi oleh merchant tersebut. Bagaimana si merchant bisa tahu visitor itu datang dari Anda ?
Ketika seorang visitor yang datang ke website affiliate Anda dan meng-klik sebuah link yang membawanya ke website merchant, pada saat itu sebenarnya ada proses di belakang layar yang terjadi. Sebuah cookie, sebuah istilah teknis, yang sebenarnya adalah sebuah file kecil yang ditaruh di komputer pembeli saat mereka meng-klik link ke website merchant. Cookie ini berguna untuk memberitahu si merchant bahwa visitor / pengunjung tadi datang dari affiliate / makelar yang mana sehingga tidak akan terjadi si merchant salah memberikan komisi ke affiliate lain.
Yah cuma itu saja sebenarnya affiliate marketing. Sederhana bukan? Ya sangat sederhana, apakah mudah? Tidak selalu. Anda perlu melakukan kerjanya untuk berhasil di affiliate marketing, sama seperti bisnis apapun. Ingat ini sebuah bisnis, bukan sebuah lotere.
Di luar negeri, hampir semua merchant / toko yang menjual produk dan jasa memiliki program affiliate. Dari nama besar seperti : Amazon, ClickBank, Walmart, Home Depot, eBay, Yahoo, Dell, HP, Sony hingga merchant-merchant kecil yang kemungkinan besar belum pernah Anda dengar namanya. Ada ribuan atau bahkan puluhan ribu merchant yang memiliki program affiliate. Sehingga sebagai seorang affiliate marketer, Anda tidak akan pernah kekurangan produk / jasa yang mau di promosikan. Justru sebaliknya, Anda seringkali akan bingung mau mempromosikan produk / jasa / penawaran yang mana.
Untuk mengetahui kelebihan melakukan affiliate marketing dibanding model bisnis yang lain, silakan baca artikel 17 Kelebihan Affiliate Marketing. Sukses selalu buat Anda!

Temukan Blueprint Rahasia untuk Meraih Ribuan Dollar melalui Affiliate Marketing
Judul: Apa itu Affiliate Marketing?
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Unknown
Anda sedang membaca artikel Apa itu Affiliate Marketing?. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://afiliasipemula.blogspot.com/2013/01/apa-itu-affiliate-marketing.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

1 komentar: